Silahkan Pilih Warna Latar Blog Sesuai Dengan kenyamanan Mata Anda

12 Item Wisata Akan Ramaikan Festival Moyo

Posted by Administrasi Pemerintahan Senin, 29 Oktober 2012 0 komentar


Sumbawa, PSnews – Sedikitnya 12 item kegiatan wisata yang akan dihelat dalam rangkaian Festival Moyo 1 November 2012 hingga 21 Januari 2013 mendatang. Mulai dari kegiatan pawai budaya sebagai pembuka dengan menampilkan keunikan tradisi masyarakat Sumbawa di 24 Kecamatan, hingga lomba lari 10 kilometer pada 21 Januari 2013.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar), Naziruddin L, dalam coffee morning bertema ‘Festival Moyo’ di lobi kantor Bupati Sumbawa, Senin (29/10), memaparkan, sebenarnya rangkaian Festival Moyo mulai berlangsung pada 20  November, tapi secara resmi akan dibuka pada 1 November 2012.

Penetapan istilah Festival Moyo, terangnya, sengaja menggunakan nama Pulau Moyo sebagai salah satu icon wisata Nasional dan sudah dikenal wisman kelas atas. Tapi di Sumbawa sendiri nama ini belum familiar. Untuk itu, pihaknya beberapa hari yang lalu membuat slogan ‘Siapapun bisa ke Pulau Moyo’. Jadi bukan hanya Lady Diana, Edwin Van Dersaar atau tokoh-tokoh dunia lainnya yang bisa berpesiar ke Pulau Moyo, tetapi garapannya bisa mengjangkau kelas tengah dan bawah.
Di samping itu, masih ada 28 titik potensial untuk dikembangkan di Pulau Moyo. Tentu dengan ikut melibatkan Moyo-Moyo lainnya, seperti Moyo Utara, Moyo Hilir dan Moyo Hulu.
“Ada  dua alasan pokok mengambil nama Moyo, pertama supaya bisa mengenalkan potensi wisata Sumbawa dan kedua supaya orang luar ramai-ramai datang ke Sumbawa. Kegiatan yang luar biasa ini bisa dikerjakan dengan dana yang minim, ” terang Kadisporabudpar.
Menurutnya, pada perencanaan awal kegiatan wisata dalam Festival Moyo ini ada 19 item, tapi dalam perkembangannya hanya 12 item yang akan dilaksanakan. Lantaran 7 Item lainnya tidak mendapat persetujuan dari DPRD. Tapi, kegiatan yang berlangsung selama 2 bulan itu diklaim sebagai Festival wisata terlama di Indonesia, karena di tempat lain hanya berlangsung 2 atau 3 hari. Sengaja dibuat panjang untuk dirangkaikan dengan HUT NTB dan HUT Kabupaten Sumbawa.
Adapun kegiatan wisata tersebut, antara lain, pembukaan dengan Pawai Budaya. Kemudian pada 20-23 Nopember kegiatan Moyo MICE, menampilkan pameran kuliner khas Sumbawa dan kerajinan-kerajinan khas Sumbawa serta kegiatan promo investasi. Lalu akan ada kegiatan dialog budaya.
Kegiatan sepeda gunung wisata juga akan meramaikan kegiatan wisata Festival Moyo, akan dilaksanakan pada 1 Nopember. Agendanya untuk mengunjungi wisata sejarah dan alam Sumbawa. Start di Lapangan Pahlawan, menuju Moyo Hulu-Moyo Hilir-Moyo Utara-Pulau Moyo-dan kembali ke Moyo Utara lalu ke Sumbawa Besar. Akan terbagi menjadi dua rombongan. Diikuti sekitar 50 orang dari luar Sumbawa dan 4 diantaranya Wisman asal Singapura, juga diikuti oleh wartawan foto dan media cetak nasional. Rombongan kedua dan pertama akan bertemu di Pungkit Moyo Utara untuk menyaksikan barapan Kebo memperbutkan 1 unit sepeda motor.
Pada 26 sampai 30 November 2012, akan digelar Pekan Budaya Samawa (PBS) ke 15 dengan tema Tu Sakoat ke Tu Sakuat Budaya Tana Intan Bulaeng. Barapan Kebo juga akan digelar pada 1 sampai 2 November. Yang tidak kalah menarik dan uniknya adalah Kerbau Berenang menyeberang ke Pulau Rakit di Kecamatan Tarano. Untuk item yang ini, waktunya akan disesuaikan dengan kondisi rumput di Pulau Rakit. Tapi diperkirakan pada pekan pertama Januari 2013.
Pada 15 sampai 25 Nopember akan diselenggarakan Main Jaran (Pacuan Kuda) di Moyo Hilir. Bagi pencinta memancing, akan dimanjakan dengan lomba mancing. Catatan panitia, item yang satu ini banyak peminatnya. Sehingga akan digelar sebanyak 3 kali di dua lokasi yang berbeda, yakni pada 25 Nopember dan 2 Desember di teluk Saleh dan 9 Desember di Bendungan Batu Bulan.
Khusus penikmat pemandangan alam bawah laut, akan disuguhi dengan item diving di spot diving ternama di perairan Pulau Moyo. “Peserta dari beberapa daerah telah mengkonfirmasi akan datang dan siap ke Sumbawa. Selama ini spot diving di perairan Pulau Moyo  menjadi tujuan tourist dalam perjalanannya ke Pulau Komodo,” jelas Kadisporabudpar.
Tradisi turun temurun lainnya, adalah Nganyang atau berburu babi yang akan digelar serempak pada 28 hingga 28 Nopember di Kecamatan Plampang, Lantung, Ropang, Lenangguar, dan Orong Telu.
Bagi biker mania, panitia juga menyediakan event jelajah wisata motor pada 26 sampai 28 Nopember. Untuk yang satu ini, komunitas motor dari luar Sumbawa dan NTB telah mengkonfirmasi ke panitia untuk berpartisipasi dalam jelajah motor.
Namun yang tidak terjadwal dan menjadi bagian dari Festival Moyo tambah Kadisporabudpar adalah Festival Muharram. Dalam agenda ini akan ada kegiatan membuat minyak Sumbawa. (PSb)

Sumber :
http://www.pulausumbawanews.com/daerah/12-item-wisata-akan-ramaikan-festival-moyo/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 12 Item Wisata Akan Ramaikan Festival Moyo
Ditulis oleh Administrasi Pemerintahan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://admpemdanotda.blogspot.com/2012/10/12-item-wisata-akan-ramaikan-festival.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Fashion Store - Original design by Bamz | Copyright of Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kab. Sumbawa.